Pages

Ads 468x60px

Jumat, 31 Desember 2010

Pengapian Sepeda Motor

Pengapian Sepeda Motor

Berikut ku coba jelaskan pengapian sepeda motor,mungkin seringkali ku bahas masalah pengapian,tapi banyaknya permintaan dari para mekanik jadi ku coba bahas lagi lebih gambling lagi disini,ku coba jelaskan dengan sejelas-jelasnya.

Cara Setting Pilot Jet dan Main Jet




Pada umumnya kita tidak puas dengan setingan mesin kita, jika mesin motor kita sudah dikorek maka main-jet dan pilot-jet karburator otomatis perlu diseting ulang.

cara setingannya tergantung pada model korekan motor kita masing-masing, yang paling penting bedakanlah rasa tarikan pada mesin motor kita.

Lakukanlah penyetelan ukuran gas dan angin secara tepat. Jika motor digeber/gasfull terus tarikannya masih kurang maka itu berarti setelan main jet kurang pas. Langkahnya coba naikan setelan 5 angka terlebih dahulu. Setelah itu, cobalahlakukan tarik gas lagi. Jika pada tarikan gas yang tinggi masih ada jeda di pasokan bensin atau mesin masih mberebet(belum langsam), berarti main-jet masih kurang juga. Bisa dengan menaikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk jenis korekan harian kenaikan itu sudah cukup tinggi.

Cara ngecek kerusakan flasher reting




Flasher adalah komponen yang membuat reting/lampu tanda belok berkedip secara otomatis.

Biasanya kalau dicek bola lampu dan kabel penghubungnya dalam keadaan baik, maka penyebab matinya reting/lampu tanda belok adalah kerusakan pada flasher. Tinggal cek aja.

Selasa, 28 Desember 2010

Busi mati di perjalanan,Solusi????

Mungkin sangat sebal rasanya kalau lagi manikmati perjalanan, tiba-tiba motornya mati karena businya ngadat, mogok jadinya.
Tapi tenang kalau anda udah baca informasi dari blog ku ini, nggak perlu khawatir.
Busi mati karena sudah tidak mampu memberikan percikan api pada ruang bakar, sehingga mesin tidak bisa jalan, hal itu disebabkan adanya kotoran yang melekat di sekitar isolator elektroda tengah, sehingga api langsung ke massa tanpa menimbulkan percikan api.

Cara Ngecek Kerusakan CDI

CDI adalah jantungnya mesin motor kita, kalau rusak gawat deh, yang orisinal harganya ratusan ribu rupiah, bahkan jutaan. Kalau pake yang imitasi susah langsamnya sama agak ribet ngatur setelannya, harus diakalin dulu. Jadi waspadai nih si CDI.Kerusakan pada CDI tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, harus diukur pake Avometer.
Caranya :

Minggu, 26 Desember 2010

Setting Jarum Pelampung

Sepeda motor yang sudah terlalu lama masa pemakainya kita mengalami jarum karburator yang udah nggak pas setelannya/aus, jika hal ini terjadi maka bensin akan keluar terus-menerus atau bocor.Dalam memperbaikinya cukup sediakan ampelas dico/ampelas air halus ukuran 1000, bisa dibeli di toko bangunan, harganya cuma 2.000 perak/lembar. Pertama buka empat sekrup pengikat mangkuk karburator. Kemudian bongkar jarum pelampung, terus ampelas ujungnya dengan cara memutar sampai rata. Ketinggian pelampung dengan sendirinya akan berubah sehingga tidak sesuai dengan standar pabrik. Untuk itu perlu tips khusus dalam settingnya.

Ilmu Squish Pada 2 Langkah/Tak

Squish yang pada umumnya kita sebut kubah, adalah tempat merapatnya piston di posisi paling atas (TMA). Untuk mesin 2 Stroke/Tak/Langkah ini sangat mumpuni apabila dilakukan dengan tepat dan benar, power yang tercipta berkali lipat karena naiknya kompresi di ruang bakar, meningkatnya daya ledak pada saat busi memercikan apinya. Apabila semakin besar kapsitas volume kubah semakin kecil kompresi,

Cek Mesin Dari Busi

Apa anda tahu cek kerusakan mesin dapat diketahui dari keadaan mesinnya,Caranya buka busi lalu kita lihat kondisi ujungnya.Penjelasannya sebagai berikut:
A. Normal
Warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong busi. Kalau ada warna abu-abu muda, maka settingan karburator terlalu irit bensin.
Kalau ada warna gelap atau hitam pekat, maka setingan karburator terlalu boros bensin.

Bagaimana cek kerusakan Flasher.

Flasher adalah komponen kelistrikan yang membuat reting/lampu tanda belok berkedip secara otomatis.
Biasanya kalau dicek bola lampu dan kabel poenghubungnya dalam keadaan baik, maka penyebab matinya reting/lampu tanda belok adalah kerusakan pada flasher. Tinggal cek aja.
Caranya :


       I.            Lepaskan flasher dari cop kabel.
    II.            Kemudian cop kabel tadi dihubungkan langsung dengan seutas kabel. Setelah itu baru dicoba hidupkan reting secara bergantian.
 III.            Jika lampu reting menyala meskipun tidak berkedip, berarti ada kerusakan pada flasher.
 IV.            Tapi jika lampu reting mati, maka kerusakan bukan hanya pada flasher tapi juga pada kabel-kabel penghubungnya yang harus dibetulkan.(info korekmesin)
Semoga bermanfaat informasi dari saya kali ini.Tegoeh_Chuzy.

Merangkai Kabel CDI

Pada sepeda motor dapat menyala bukan karena hal mekanis saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga kelistrikannya, kalau nggak ada arus listrik, maka dijamin motor tidak bakalan menyala.
Kelistrikan yang perlu diperhatikan diantaranya skema pengapian CDI.
Skemanya seperti di bawah ini :

1.Buat motor dengan pengapian arus AC (bolak-balik) :
Rangkaian kabel dari sepul ada empat kabel, yaitu hijau, hitam-merah, kuning dan putih. Kabel hijau untuk massa lampu netral. Kabel hitam-merah untuk positif CDI. Kabel kuning dan putih untuk kiprok/regulator (alat untuk pengisian aki dan lampu utama)

2.Buat motor dengan pengapian arus DC (searah) :
Rangkaian kabel dari sepul magnet ada dua kabel, yaitu hijau dan hitam-merah. kabel hijau untuk massa lampu netral. Kabel hitam-merah buat regulator, tujuannya agar arus yang dialirkan stabil, lalu disimpan aki terus dilanjutkan ke CDI.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat,tegoeh_chuzy go be good boy.
 

Tentang Kami

Blog ini berisi tips korek motor dan seputar dunia balap.
 
Blogger Templates