Pages

Ads 468x60px

Minggu, 21 Juli 2013

Korek Mesin Jupiter 115cc

Anda punya jupiter 115cc dan anda rasa performanya kurang liat saat anda gunakan di jalanan, berikut adalah beberapa tips untuk korek mesin jupiter 115cc anda.

Modifikasi mesin jupiter 115cc kencang itu sangat mudah, tapi membangun ketahanan mesin itu tetap tangguh itu butuh skill dan pengalaman seorang mekanik balap.

Yamaha new jupiter z 115cc, dengan tampilan tampang garang dan keren, modis, aerodinamis, tapi dengan mesin 115cc pun, belum sanggup menunjukan kekencangannya di jalanan aspal para jiwa muda. Suara knalpot sudah kedengaran garang tapi tenaga masih terpendam jauh, perlu tangan dingi untuk memaksimalkan performa maksimal kekuatan mesin jupiter 115cc.


Tips untuk merubah karakter mesin yamaha new jupiterZ adalah, Korek habis mesinnya! Setelah kamu bongkar head cylinder dan block cylinder-nya, disitu kamu harusnya dapat membaca betapa besar potensi mesin yamaha. Konfigurasi mesin overstroke dengan langkah 57,9mm namun diameter piston 50mm, yamaha seakan-akan hanya menciptakan mesin mio dengan sistem gigi transmisi,tampak begitu buruk, tapi ini nyata bro...

Cara untuk korek mesin jupiter 115cc adalah dengan membangun ulang konfigurasi mesinnya! Pekerjaan utama yang harus diganti adalah piston! Jika mio harian banyak yang mem-bore up hingga 150cc, kenapa pemilik new jupiterz atau vega zr takut? Tanamkan piston diameter 58mm, banyak pilihannya, mulai yang flat macam milik yamaha byson , atau mengadopsi milik honda sonic / cs1 yang agak jenong! Asyiknya , penanaman piston ini hanya memerlukan penggantian liner, tanpa harus membongkar crankcase dan memperlebar lubang tengah baut tanam.

Dimulai dari Noken as bagian pemasok bensin bisa di awali dengan membuka di kisaran 30 derajat, dan menutup di 80 derajat, begitu sebaliknya. LSA lebar lebih pas bagi yang masih ingin mempertahankan karburator kecil. LSA lebih sempit bisa dipakai untuk pemakaian karburator venturi extra besar , misal pe28mm. Penambahan luasan venturi sebanyak 10mm lebih, mengindikasikan penambahan lift sekitar 30 %. Ini didapat dari rumusan 2 tak, setiap karbu direamer 1mm, lidah stoper biasanya dilebarkan 3 % dari standard! Yeah, kita memang ingin menciptakan mesin 4 tak, sekencang 2 tak, tapi tetep irit konsumsi bbm pastinya. Maka dari itu, main mesin yang pasti-pasti aja, jangan coba-coba....

Setelah dihitung-hitung , lift klep dikisaran 7.8milimeter, masuk di area 27 % masih aman dipakai harian. Instalasi pir klep swedia sebagai pembalik klep mutlak perlu, menggantikan pir katup standard. Sehingga bila dipasok otak pemicu pengapian macam BRT maupun REXTOR, masih sanggup menggapai RPM tinggi dengan aman jika sewaktu-waktu ingin mengejar honda tiger hihihi. . .

Penataan dapur pacu kelar! Urusan knalpot perlu dihitung ulang. Tinggal lihat buku catatan modifikasi mesin, dilirik tabel dimana klep ex mulai membuka di kisaran 80 derajat, torsi puncak dipatok di 9,000 RPM, maka panjang pipa utama adalah 21,5 inches. Jika dikonversi, panjangnya sekitar 55 centimeter. Untuk menghitung lebar diameter dalam knalpot nya tinggal lihat rumus dibahawanya,

ID = sqrt ( cid / ( p + 3 ) x 25 ) x 2.1

p adalah panjang pipa knalpot dalam satuan inchi, maka didapat hasil sebesar 26 milimeter, wow… besar sekali. Untuk memperkuat torsi bawah, maka primary pipe kita putuskan memakai sebesar 24mm, sedangkan porting buang 23mm, baru pada secondary pipe kita lanjut sebesar 26mm. Kemudian menggembung semakin besar selaras dengan panjang knalpot. Pengaturan silincer, tinggal lihat halaman sebaliknya, lebih menyukai untuk karakter trek panjang atau pendek, bisa diatur dari silincer. Yang terpenting kita memiliki patokan dasar panduan arah modifikasi korek mesin kita, semua lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Kami

Blog ini berisi tips korek motor dan seputar dunia balap.
 
Blogger Templates