Pages

Ads 468x60px

Minggu, 26 Desember 2010

Ilmu Squish Pada 2 Langkah/Tak

Squish yang pada umumnya kita sebut kubah, adalah tempat merapatnya piston di posisi paling atas (TMA). Untuk mesin 2 Stroke/Tak/Langkah ini sangat mumpuni apabila dilakukan dengan tepat dan benar, power yang tercipta berkali lipat karena naiknya kompresi di ruang bakar, meningkatnya daya ledak pada saat busi memercikan apinya. Apabila semakin besar kapsitas volume kubah semakin kecil kompresi,
dan semakin turun tenaga yang tertimbul. dan Berbanding terbalik jika Semakin kecil ruang squis semakin besar kompresi yang tercipta dan daya ledak di ruang bakar semakin besar, Hal ini dapat dilakukan dengan modifikasi blok dan head;memotong/bubut head/kepala silinder.Bubut atau potongan ini tidak bisa asal-asalan,salah ukuran mesin bisa cepat jebol,malah bisa drop tak ada tenaga.Kembali lagi semua pakai rumus dan patokan.Semisal untuk mesin 2Tak FIZ-R standar kubahnya 14° sedangkan RG Sport 15°.
Kita bubut head 1mm agar kompresi naik/tinggi dan squish dan ruang bakar diatur ulang agar piston tidak mentok(heading).Patokan yang bisa digunakan Squish lebar 8,5mm dengan sudut 15° sama seperti orisinilnya.Patokan ini akan sangat bagus untuk diputaran bawah Dan kemudian kita setting untuk putaran atas dengan naikkan 1 langkah main-jet sedikit jadi 95.

Di dalam ruang bakar yang tercipta mencapai 115,1 pas posisi head tidak terpasang,Jika kita ingin menambah rasio kompresi, Kita harus memperhatikan nat kepala silinder ketika sudah terpasang. Mesin Satria standar kepala silinder mendem 0.5mm dari bibir atas blok ditambah pacing 0.24 jadi nat total 0.75mm. Jadi perbandingan kompresi yang tercipta sekitar 7,4:1…….Demikianlah sedikit tentang Ilmu Squish.tegoeh_chuzy.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Tentang Kami

Blog ini berisi tips korek motor dan seputar dunia balap.
 
Blogger Templates